[HOAKS] Nafa Urbach Bagikan Uang Rp15 Juta di TikTok

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial TikTok yang menunjukkan Nafa Urbach ingin membagikan uang sebesar Rp15.000.000 bagi 2 orang yang ketahuan sudah mengikuti akun TikToknya. Hingga artikel ini dibuat video tersebut telah mendapatkan 13.1 ribu likes dan banyak komentar yang mempercayainya.

Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri dengan Hive Moderation untuk mengetahui probabilitas buatan Artificial Intelligence (AI), video yang beredar di TikTok tersebut sebesar 99,4% memiliki probabilitas adalah deepfake yang dibuat oleh AI. Tidak ditemukan gambar serupa ketika dicari dengan Google Lens. Namun, penelusuran dengan mengunjungi Instagram resmi @nafaurbach, ditemukan video serupa yang telah diunggah sejak 1 Juni 2022. Dalam video asli tersebut Nafa Urbach berbicara mengenai Hari Lahir Pancasila.

 

Kategori: Hoaks

Link Counter:

-https://turnbackhoax.id/2024/09/29/penipuan-nafa-urbach-bagikan-uang-rp15-000-000-khusus-untuk-yang-sudah-follow-tiktoknya/

-https://www.instagram.com/nafaurbach/?hl=en

Sumber :

-https://www.kominfo.go.id/berita/berita-hoaks/detail/hoaks-nafa-urbach-bagikan-uang-rp15-juta-di-tiktok

Share this Post