[HOAX] Shopee Bagikan Hadiah Rp 2 Juta Lewat Pesan Ini

Beredar di aplikasi percakapan WhatsApp sebuah klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta, berikut klaim Shopee bagikan hadiah Rp 2 juta, “PT. SHOPEE ID Salam kenal dengan saya IRFAN dari layanan shopee langsung. Bapak/Ibu yang terhormat kami melakukan pengundian hadian secara acak dari 1-5 pemenang termasuk nomor kakak terpilih sebagai pemenang dari Shopee langsung kak sebesar Rp. 2.000.000 Disini penerimanya tidak dipungut biaya sedikitpun karena telah ditanggung oleh Pihak Shopee langsung. Kami disini telah menyiapkan untuk cara penerimaan ada dua yaitu, 1. Bisa dijadikan voucher belanja gratis ongkir selama 1 bulan, 2. Bisa dijadikan uang tunai melalui rekening bank, Silahkan kakak pilih metode penerimaannya tersebut. Dalam rangka Shopee cuan-cuan big sale promo terbesar se-Indonesia”.

Dilansir dari laman cekfakta.com, Pihak shopee, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam keterangan tertulis menyatakan, semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang biru yang sudah terverifikasi termasuk pengumuman pemenang kompetisi yang hanya dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi. Melalui laman resmi help.shopee.co.id yang dibagikan, shopee hanya akan menghubungi anda melalui akun resmi atau melalui notifikasi di aplikasi Shopee.

Penipu yang mengatasnamakan Shopee biasanya menelepon atau mengirim pesan melalui SMS atau WhatsApp dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Menggunakan ejaan dan tata bahasa yang buruk atau meminta informasi yang sensitif, seperti password atau kode verifikasi (OTP). Mengumumkan pemenang undian atau hadian dari Shopee/ShopeePay beserta nominal hadiah.
  2. Memberikan informasi teknis terkait akun Shopee atau pesanan.
  3. Menggunakan dan/atau memberikan alamat situs mencurigakan yang bukan merupakan situs resmi Shopee.
  4. Mengarahkan untuk scan kode QR.

 

Sumber :

https://cekfakta.com/focus/12597

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5287273/cek-fakta-tidak-benar-shopee-bagikan-hadiah-rp-2-juta-lewat-pesan-ini

Share this Post